INFO BONE INTERIOR :
Home » » Apakah itu Eksterior?

Apakah itu Eksterior?

Written By boneinterior on Jumat, 17 Agustus 2012 | 21.40


‘Sering kali berdecak kagum dengan bagian luar sebuah rumah atau pun gedung. Keindahan bentuk atap atau pun permainan dinding dan warna gerbang atau pagar membuat hati ingin berhenti dan mengambil gambar. Tapi, takut anjing penjaga menyalak.’ Ungkap hati seorang teman. Teman tersebut tanpa disadarinya telah menggambarkan pengertian eksterior alias bagian luar dari sebuah bangunan.

Permainan Eksterior

Bagian luar bangunan (eksterior) adalah bagian pertama yang akan dilihat oleh orang. Decak kagum atau rasa kasihan pertama muncul dari bagian luar ini. Oleh karenanya banyak orang membuat bagian eksterior seindah mungkin. Apalagi di perumahan elit yang berharga selangit. Eksterior adalah bagian sangat penting untuk menimbulkan kesan pertama yang begitu menggoda.

Rumah tipe 21 bisa terlihat seperti sebuah istana kecil, imut, dan begitu berkesan. Plafon yang dibuat tinggi, facade yang dibuat sedemikian rupa sehingga menampakkan kemegahan sebuah bangunan. Saat masuk ke dalam rumah pun, desain interior rumah dibuat lega dengan permainan kaca dan perabotan minimalis yang multi fungsi. Warna cat dinding yang dipakai adalah warna-warna lembut yang membuat nyaman di mata.

Bahan Pembuat Eksterior

Bahan pembuat eksterior bisa berupa metal yang terdiri atas baja, aluminium, atau perunggu. Untuk dinding, bisa terbuat dari beton, batu bata, atau marmer. Facade bisa juga terbuat dari granit, campuran gamping, marmer. Untuk bagian atap bisa menggunakan baja ringan,  genting presisi dengan warna sesuai selera atau dipadankan dengan gaya dan warna cat dinding rumah. Pagar bisa terbuat dari besi berdesain khusus dan dicat menyesuaikan dengan bentuk dan warna dinding rumah.

Lebih Jauh dengan Permainan Eksterior

Atap Tinggi

Rumah boleh berukuran kecil, tapi bagian eksterior dibuat wah agar rumah tampak agak besar. Untuk membuat kesan ini, ada beberapa langkah yang bisa diambil. Misalnya, meninggikan bagian atap. Bila perlu membuat atap model Victoria yang ada di Los Angeles. Bentuk atap kerucut dan tinggi seperti sebuah kastil di salah satu bagian akan membuat tampilan rumah menjadi megah. Beri warna mencolok agar tampilan semakin mewah. Warna fuschia, merah maroon, dan orange bisa menjadi pilihan.

Taman

Rumah mungil akan tampak indah kalau tidak menggunakan pagar. Agar terkesan lebih luas, buatlah taman minimalis yang hanya mempunyai 3-4 warna bunga atau daun. Taman dengan beberapa bonsai yang dikelilingi tanaman teh atau tanaman perdu berwarna hijau, akan membuat eksterior rumah semakin memberikan kesan wah yang akan membuat orang melirik, bahkan melotot menatap keindahannya. Buat air mancur kecil di tengah taman agar energi air memberi kesan dingin dan teduh pada rumah.

Kanopi

Rumah ukuran kecil pun tak jadi masalah bila akan memasang kanopi. Tapi, kanopinya disesuaikan dengan bentuk dan warna rumah. Akan semakin bagus bila kanopi tersebut diselubungi tanaman rambat. Selain menjaga dan memperpanjang usia kanopi, tanaman rambat tersebut akan menambah kesan hijau nan sejuk pada rumah. Jadi kanopi bisa dibuat seperti perpanjangan dari taman mungil yang ada di bagian depan rumah.
Sumber : anneahira.com
Share this article :

1 komentar:

 
WELCOME TO BONE INTERIOR
Copyright © 2012. Bone Interior - Kabupaten Bone Sulawesi Selatan
Desain by Teluk Bone
Administrator by BONE INTERIOR